Tips Memilih Domain Yang Tepat Untuk Blog Anda

Tips Memilih Domain Blog

Tips Memilih Domain Blog – Sudah tidak menjadi rahasia lagi kalau orang lebih suka mengingat hal yang menarik dari suatu situs di internet, entah itu web atau blog. Karena dalam membangun suatu web blog dibutuhkan suatu yang menjadi ciri blog anda. Hal ini bisa dilihat dari situs atau blog besar, situs-situs tersebut mempunyai nama domain yang bagus dan menarik. Domain juga merupakan salah satu hal pertama kali diperhatikan dalam membuat blog.

Lalu bagaimana memilih domain yang tepat untuk situs blog? Pada postingan Wak Jamal kali ini saya akan menuntun anda untuk memilih domain yang tepat untuk blog anda. Poin-poinnya adalah sebagai berikut.

1.    Gunakan Nama Domain Yang Menjadi Identitas Anda

Seperti yang saya sampaikan pada pembukaan, nama domain merupakan suatu hal yang menjadi identitas situs. Maka dari itu pilihlah sebuah nama yang mewakili diri anda sepenuhnya. Gunakan nama yang bagus, mudah diingat, mudah ditulis, dan tentunya unik.

Anda bisa menggunakan nama anda sebagai domain, nama panggilan, nama keluarga atau apapun yang ada di kepala anda, contoh identitas yang menjadi domain adalah: sugeng.id dan mastimon.com . Atau anda juga bisa memilih padanan kata yang menarik seperti contohnya wowkeren.com atau jalantikus.com .

Pikirkan dengan matang, karena pada nantinya domain anda akan menjadi brand situs blog yang akan berkembang, jadi pilihlah nama domain sebaik mungkin.

2.    Pilih Domain Yang Mudah Diingat dan Mudah Diketik

Seseorang yang berselancar di dunia internet biasanya suka berpindah-pindah dari situs ke situs lain. Namun peselancar tersebut akan ingat situs apa yang sering dia dikunjungi berdasarkan pengalaman atau ingatannya.

Nah, inilah mengapa sangat penting memilih nama domain yang mudah diingat dan tentunya juga mudah diketik. Karna pada dasarnya orang lebih senang sesuatu yang mudah-mudah.

Jangan pernah memilih domain yang susunan hurufnya ribet. Hindari juga penyisipan angka atau simbol pada domain, selain karena susah diketik, juga nantinya mengurangi minat pengunjung karna menganggap situs tersebut situs spam dan jelek.

Contoh domain bagus yang mudah diingat dan diketik adalah kaskus.com dan facebook.com .
Baca Juga: Keuntungan Besar Blog Bule Yang Perlu Anda Ketahui

3.    Pilih Domain Terkait dengan Kata Kunci Pencarian

Ada kalanya anda memilih menjadikan kata kunci pencarian menjadi domain situs blog. Hal ini biasa terjadi pada blog yang memfokuskan kemunculan situs/blog halaman pertama mesin pencari, yang lumrahnya diterapkan oleh situs bisnis atau toko online.

Namun hal tersebut tentunya akan menjadi persaingan yang rumit karna situs lain juga menerapkan langkah demikian. Belum lagi biasanya situs domain kata kunci kadang dianggap kurang baik oleh google. Permisalan domain dengan kata kunci: baju-murah.com atau alat-elektronik.com .

4.    Pilih Ekstensi Domain Yang Tepat

Ekstensi merupakan jenis akhiran yang terdapat pada domain seperti .com dan .net . Sampai saat ini terdapat banyak ekstensi domian yang bisa dipilih dan ada juga ekstensi unik yang baru dirilis seperti contoh .ooo dan lainnya.

Diantara banyak pilihan ekstensi domain ada beberapa yang paling populer adapun ekstensi domain terpopuler adalah:
  • .com – merupakan ekstensi paling banyak di internet, digunakan sebagai komersial
  • .net – digunakan pada situs yang membahas jaringan atau hal teknis lainnya
  • .info – biasa digunakan situs website berisi informasi dengan topik spesifik
  • .org – digunakan pada web komunitas atau organisasi non-komersial
  • .me – biasanya digunakan untuk blog pribadi, blog personal, atau tugas sekolah

5.    Jika Perlu, Pilihlah Nama Domain Sesingkat Mungkin

Situs berdomain pendek biasanya merupakan presentasi situs yang profesional dan bermodal. Mengapa dikatakan bermodal? Karena untuk mendapatkan domain singkat ini mengeluarkan harga yang lebih mahal dari domain biasa.

Hal ini tidaklah menjadi keharusan dalam memilih nama domain. Namun sekedar tips, pilihlah domain yang pendek. Jika nama domain terlalu panjang, nantinya akan membuat ribet orang yang ingin mencari situs atau blog anda. Lagipula domain panjang juga kurang terasa branding.

Maka dari itu pilihlah nama domain singkat kurang dari 15 karakter atau sebisa mungkin memilih domain satu huruf dua huruf. Seperti contoh: abc.com atau t.co .

Demikian postingan Wak Jamal kali ini yang membahas tips memilih domain yang tepat untuk situs atau blog. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda dan selanjutnya menjadi tips yang selalu anda ingat. Saya akhiri dengan ucapan Terima Kasih.

0 komentar