Cara Menyembunyikan Tanggal Posting Di Mesin Pencari Google Supaya Blog Tampil Fresh

cara menyembunyikan tanggal posting di google

Cara Menghilangkan Tanggal Postingan Di Google - Ada yang bertanya pada saya, “Apa benar jika menghilangkan atau menyembunyikan tanggal postingan nantinya akan berdampak baik terhadap blog kita?”.

Jawabannya adalah tergantung dari topik apa yang dibahas dalam blog.

Jika blog tersebut memiliki niche/topik berita yang update tiap saat, lebih baik tanggal di mesin pencari tidak usah dihilangkan. Lain halnya jika blog tersebut adalah blog general yang membahas tips, tutorial, bisnis, teknologi, dan sebagainya, maka ada baiknya tanggal tersebut disembunyikan dari mesin pencari.

Alasan mengapa tanggal postingan perlu disembunyikan dari mesin pencari Google

Adapun beberapa alasan mengapa sebaiknya tanggal postingan dihilangkan dari google adalah sebagai berikut:

1.    Artikel postingan akan terlihat tetap fresh. Karena pada mesin pencari google nantinya tidak menampilkan waktu postingan. Bandingkan dengan postingan yang terlihat tanggal dan tahunnya, bisa saja penelusur tidak jadi mengklik karena melihat waktu postingan yang tertera terlalu lampau.
cara menyembunyikan tanggal posting di google 1
Ada tanggal posting di mesin pencari Google
cara menyembunyikan tanggal posting di google 2
Tidak ada tanggal posting di mesin pencari Google
2.    Akan menjadi pembeda sendiri dari deretan artikel lainnya. Inilah kenapa kadang orang suka memilih situs yang tertera tanpa ada tanggal di search engine, karena akan lebih menarik dan berbeda sendiri.

3.    Meta deskripsi penelusuran akan tertampil keseluruhannya, deskripsi penelusuran akan terlihat dari awal deskripsi postingan tanpa ada tanggal postingan. Tidak ada tanggal postingan yang mengganggu.

Memang, manfaat yang didapat seperti diatas tersebut tidak terlalu pengaruh terhadap blog anda. Namun, lebih bagusnya diterapkan apalagi jika blog anda memiliki topik yang dibahas sepanjang waktu atau topik abadi. Seperti postingan berjudul “tips menjadi kaya”. Orang cenderung memilih artikel yang terlihat fresh tadi.
Baca Juga: Cara Mendapatkan Inspirasi Postingan Untuk Blog

Cara menyembunyikan tanggal postingan dari hasil penelusuran Google

Berikut langkah-langkah menyembunykan atau menghilangkan tanggal posting dari hasil penelusuran google sebagai berikut:

1.    Buka dashboard Blogger, lalu masuk ke menu Tata Letak.
cara menyembunyikan tanggal posting di google 4
2.   Di menu tata letak klik edit di bagian Gadget Posting Blog.
cara menyembunyikan tanggal posting di google 5
 3.    Pada opsi Mengonfigurasi Posting Blog hapus centang pada bagian waktu posting.
cara menyembunyikan tanggal posting di google 6
4.    Simpan pengaturan.
5.    Segera cek salah satu postingan anda, jika waktu postingan tidak ada lagi berarti langkah sukses diterapkan.

Nah, nanti tinggal menunggu update-an indeks google. Jadi, tidak bisa langsung hilang begitu saja, namun menunggu waktu sampai seluruh indeks artikel terbarui. Biasanya membutuhkan waktu sekitar seminggu atau dua minggu untuk update pengindeksan google. Jadi bersabar saja sembari terus update postingan terbaru.

Demikianlah postingan singkat Cara Menghilangkan Atau Menyembunyikan Tanggal Posting Blog Dari Mesin Pencari Google dari Wak Jamal. Semoga bermanfaat bagi anda dan semoga berhasil menerapkan langkah yang telah dijelaskan. Sekian, Terima kasih.

0 komentar