7 Metode Mendapatkan Ide Postingan Yang Ampuh Untuk Blog

7 Metode Mendapatkan Ide Postingan Yang Ampuh Untuk Blog

Cara Mendapatkan Inspirasi Menulis Blog – Dalam kegiatan blogging, tentunya diperlukan ide atau inspirasi sebagai benih dari postingan yang akan dibuat. Ide tersebut harus melalui pengembangan untuk menjadi sebuah paragraf yang kemudian menjadi satu artikel utuh. Maka dari itu kita harus memperhatikan dan memahami betul bagaimana cara menentukan ide dan bagaimana cara meraih inspirasi suatu postingan.

Pada postingan hari ini, Wak Jamal akan membahas 7 Cara Ampuh Mendapatkan Ide Postingan Dalam Blog, berikut poin-poinnya:

1. Menyesuaikan kemampuan ide dengan bidang yang dimiliki


Kemampuan menulis sobat sesuai niche blog nya

Adakalanya dalam menulis suatu artikel, sobat perlu memahami terlebih dulu dari apa yang akan kita tulis. Hal demikian supaya nantinya tidak kebingungan sendiri dalam merangkai kalimat. Perlu diketahui dalam kegiatan menulis perlu wawasan yang luas, terutama terhadap apa yang telah ditentukan dalam blog.

Maka dari itu sobat perlu menentukan niche blog sesuai dengan keterampilan sobat. Tidak harus menjadi ahli, paling tidak, ada hal yang diketahui dan memang dipahami betul. Sobat bisa mendapatkan ide dari pembelajaran di sekolah (bagi sobat yang masih pelajar) atau pengalaman hidup. Misalnya nih, jika sobat selama ini pernah menempuh bangku SMK jurusan teknik komputer dan pernah belajar kodifikasi komputer, apa salahnya membuat postingan dengan hal yang menyangkut desain web, membuat theme/template blog dan segala tentang koding.

Manusia mempunyai batas pengetahuan. Maka dari itu, jangan memaksakan diri terhadap sesuatu yang tidak dimengerti. Karna hal tersebut diluar limit kita. Apalagi sesuatu yang kita tulis di blog adalah sesuatu yang tidak disenangi. Percayalah ini hanya membuat sobat tertekan dan pada akhirnya menjadikan sobat tidak bergairah lagi menulis.

Namun, bagaimana jika saya selama ini menulis di luar bidang selama ini?

Nah ada pengecualian dalam hal ini. Selanjutnya akan dijelaskan pada sub-bab berikutnya.

2. Mendapatkan ide dengan melihat inspirasi orang lain


melihat inspirasi dalam blog orang lain
Inspirasi dengan melihat lihat postingan blog teman

Pemikiran manusia itu sangat luas namun dalam artian pemikiran tersebut dapat ditangkap dengan baik oleh tiap-tiap manusianya. Maksudnya disini pemikiran orang tersebut dalam arti jamak atau banyak. Jadi Inspirasi itu terletak pada tiap orang dan terhubung dengan orang lain.

Sederhananya, kita perlu melihat kemampuan dengan syarat juga melihat orang lain. Dalam kegiatan blog juga demikian, kita perlu melihat postingan blogger lain untuk mencari inspirasi supaya dapat membandingkan dengan tulisan kita. Perbandingan ini memiliki artian positif, yakni introspeksi dan penyempurnaan kualitas postingan selanjutnya. Bukan perbandingan dalam artian kompetitif atau persaingan saja. Terlebih inspirasi tersebut datang dari mana saja.

Blogger pastinya perlu ide postingan yang berasal dari kemampuan diri sendiri. Namun tidak berarti mengacuhkan bloger lain juga. Sebab, semua blogger terhubungkan oleh jaringan internet dan memiliki cakupan yang luas. Kita perlu menjalin hubungan terutama dengan blogger yang memiliki niche sama. Demi kelangsungan inspirasi dalam menulis, kita dapat menulis artikel dengan melihat tulsan orang lain.

Eitss... bukan berarti copy-paste juga ya sob. Melihat tulisan diatas dimaksudkan melihat intisari sebuah artikel, baik itu sebuah ide pokok, gaya bahasa, atau gaya penulisan. Dengan batas tertentu tidak harus menjadi peniru, tidak asal copas postingan orang melainkan juga memahami dan mempelajari cara seseorang tersebut memosting.
Sobat bisa mendapatkan ide postingan dengan teknik rewriting postingan blogger lain.

3. Mengawali dengan menulis pengalaman sehari-hari


menulis pengalaman sehari hari
Keseharian sobat juga bisa menjadi bahan posting

Terkadang seorang blogger merasa suntuk untuk membuat postingan karna merasa kehabisan ide dan inspirasi sehingga menjadi enggan menulis. Padahal hal tersebut merupakan kekeliruan. Dalam dunia literasi, inspirasi menulis tidak akan pernah habis. Ide bisa datang dari mana saja bisa dari termasuk pengalaman. Khususnya bagi para blogger, pengalaman juga menjadi alternatif ide postingan.

Sepeti petuah yang berbunyi, “Pengalaman merupakan guru terbaik”. Benar sekali, pengalaman merupakan peristiwa nyata yang terjadi dalam hidup dan tidak ada kebohongan di dalamnya. Dari pengalaman tersebut kita bisa menuliskan kejadian yang berkesan dan menulisnya di blog. Sehingga menjadi sebuah postingan utuh.

Banyak blogger yang menggunakan pengalaman sebagai ide postingan blog nya. Mereka ini biasanya sudah merasakan asam garam dalam kehidupan terutama di dunia ngeblog. Blogger seperti ini biasanya sangat kreatif merangkai kata, setidaknya dengan penulisan ini, sang penulis mempunyai gaya tulisan yang khas. Contoh blogger terkenal yang mengaplikasikan pengalaman ke dalam postingannya yakni Maxmanroe dan Juragan Cipir. Atau blogger yang terkenal karna postingan pengalaman uniknya seperti Poconggg.

Jadi pengalaman bisa dimanfaatkan sebagai ide postingan, selama yang akan ditulis memiliki manfaat dan bersifat baik. Maka dari itu sobat dapat menulis dari pembelajaran atau pengalaman diri yang sudah sudah. Biarkan ide tersebut mengalir dengan sendirinya. Karna biasanya ketika seseorang menulis pengalaman, jari jemarinya akan ringan untuk menulis dan inspirasi tersebut otomatis terkonversi menjadi sebuah postingan yang bagus.

4. Membaca buku yang berisi pengetahuan dan mempelajarinya


membaca untuk menambah wawasan blog
Membaca adalah jendela dunia dan kunci kecerdasan

Berdasarkan statistik, minat baca di Indonesia hanya sekitar 1% dari total penduduk Indonesia. Data ini sangat jauh jika dibandingkan dengan negara lain, yang pasti angka minat baca Indonesia ini merupakan angka yang jelek ketika disandingkan dengan standar melek huruf internasional.

Maka dari itu sebagai blogger cerdas kita harus menambah wawasan dengan membaca buku, sebab di dalam suatu buku itu memiliki hal positif yang dapat diambil. Terlebih untuk sobat blogger yang niche blognya adalah ilmu pengetahuan seperti sains, sejarah, matematika dan sebagainya. Bahkan membaca buku menjadi suatu kewajiban jika sesuatu yang diposting merupakan sesuatu yang membutuhkan referensi.

Waduh, masa mau ngepost harus baca buku dulu sih wak?

Seperti kita ketahui sebelumnya sob, inspirasi memang datang dari mana saja. Namun bukan berarti inspirasi datang dengan sendirinya. Kita perlu membuka kepala, membuka pikiran untuk meraih inspirasi tersebut dan dengan tekun mempelajarinya dengan metoda membaca buku. Membaca merupakan jendela dunia, jadi jangan harap dapat membuat postingan bagus jika sobat enggan membaca.

Ibaratnya memancing ikan, kolam memang banyak namun kita tetap harus memancing untuk mendapatkan ikan, begitulah kiranya.

Jadi membaca buku juga merupakan salah satu cara mendapatkan ide untuk membuat postingan blog.
Bahkan harus menjadi kewajiban untuk blogger yang berniche pendidikan. Ohh satu lagi, membaca buku di sini bukan cuma membaca buku fisikal saja ya sob, tapi segala hal mengenai bacaan seperti koran, majalah, ebook, sastra dan ensiklopedi.

5. Menulis opini terhadap sesuatu yang dianggap berkesan dan menarik


menuangkan opini dalam postingan
Menuangkan pemikiran yang positif di blog

Manusia lumrahnya menyukai topik yang dianggap menarik, begitupun sobat yang di sini perannya sebagai blogger. Bagaimana tidak, ketika menulis sesuatu sobat harus tau apa yang membuat sobat tertarik untuk menulis hal tersebut. Dalam perkembangan berikutnya menjadi suatu kesan tersendiri ketika menyudahi tulisannya.

Kita bisa saja menulis artikel berdasarkan kemampuan atau niche blog. Namun sesekali sobat juga harus bisa menulis di luar bidang blog supaya dapat melatih bagaimana cara penulisan yang bagus. Yang dalam hal ini berasaskan sudut pandang sobat dalam menilai sesutu yang menarik tersebut.

Bukan sembarangan, sesuatu yang menarik yang akan dijadikan sebuah postingan harus memiliki bobot dan tidak sembarangan ketik saja. Opini juga harus ada poin-poin penting yang diperhatikan. Dalam menuliskan opini sobat dituntut logis dan objektif. Boleh subjektif asalkan ada penargetan yang bersifat nyata.

Selain menjadi inspirasi, opini juga menjadi ajang pelatihan menulis yang penilaiannya adalah kualitas dan originalitas opini kita itu. Sobat bisa menuangkan isi kepala sobat dari berbagai bidang seperti politik, ekonomi, pandangan hidup atau sesuatu yang remeh temeh sekalipun seperti misalnya resolusi kita di tahun 2018.

Apalagi kita hidup di Indonesia yang notabene-nya negara yang memiliki kebebasan berpendapat. Asalkan jangan sampai melampaui batas dan menyalahi peraturan ya sob.
Menulis dengan fokus terhadap sesuatu yang dianggap menarik merupakan salah satu metoda pencarian ide dan inspirasi yang manjur apabila dimanfaatkan secara tepat.

Baca Juga: 7 Mentalitas + 3 Material Utama Seorang Blogger. Hal Pertama Kali Diperhatikan Ketika Membuat Blog

6. Memanfaatkan pernyataan tertutup sebagai inspirasi dan ide


pernyataan tertutup sebagai bahan posting
Contoh dari pernyataan tertutup atau fakta pasti, abaikan yang terakhir ya sob hehee

Memanfaatkan pernyataan yang bersifat tertutup dan mutlak.
Agak aneh jika mendengar kalimat diatas, namun begitulah penyebutan yang paling sederhana. Dalam logika matematika kalimat tertutup berarti kalimat yang mutlak dan tak dapat berubah pernyataannya.

Contoh dari kalimat tertutup seperti “Matahari timbul di siang hari”. Dalam pernyataan tersebut diartikan matahari hanya memiliki satu pernyataan yakni “timbul di siang hari” dan bersifat tertutup terhadap pernyataan yang lain. Nah gimana, sudah paham kan sobat?

Kita juga bisa memanfaatkan pernyataan tertutup dalam menentukan ide penulisan artikel atau postingan. Kita bisa melihat kenyataan yang ada di dunia ini atau fakta yang tak bisa berubah. Seperti contoh kita ingin membuat postingan mengenai negara Indonesia dan kita tahu Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945. Jadi kita mendapatkan inspirasi postingan secara cuma-cuma dengan memanfaatkan fakta diatas.

Tentunya fakta tertutup bukan hanya terdapat dari aspek sejarah saja seperti kemerdekaan suatu negara atau peristiwa timbulnya matahari dan sebagainya. Tetapi bisa juga dari tema lain yang lebih kecil seperti resep masakan, biodata seseorang, kode morse, lirik lagu atau apapun asalkan fakta tersebut tak bisa berubah dan harus mutlak.

Seharusnya dengan metoda ini, seorang blogger tidak akan mengalami kekosongan ide sebab banyak sekali inspirasi pernyataan tertutup di alam semesta ini. Maka dari itu sobat harus cerdik memilah inspirasi yang berkualitas selain banyak diminati. Seperti contohnya jika sobat membuat blog mengenai chord gitar. Sobat perlu refrensi yang terpercaya dan tepat, paling tidak mengetes chord tersebut terlebih dulu.

Tetapi metode ini memiliki kekurangan. Kekurangannya yakni banyaknya bloger lain yang menulis atau memposting dengan ide yang sama dan sangat rentan dengan tindakan copy-paste. Walaupun bunyinya pernyataan tertutup, justru jangkauan bersifat terbuka bagi semua kalangan. Dengan mudah pengaksesan sehingga tingkat originalitas kurang.

7. Menulis apa yang sedang populer atau ngetrend saat itu


peristiwa viral untuk artikel blog
Apa yang viral saat itu, tulis juga saat itu

Apa yang lagi tren saat ini, itulah menjadi tren terhangat di dunia internet. Begitulah kiranya, dunia maya mempunyai algoritma otomatis bersifat up-to-date. Dengan ini apa yang terdapat dalam kehebohan atau peristiwa mencengangkan menjadi bahan baku untuk membuat suatu postingan.

Seperti yang telah terjadi pada tahun 2017 lalu ada banyak hal yang bersifat temporal atau musiman seperti mialanya viral ‘om telolet’ yang menjadi trending topic dicari jutaan netizen Indonesia. Atau kasus viral lagu despacito yang sedang boomingnya, menjadikan lagu terpopuler tahun lalu.
Secepat mungkin penulis maya termasuk bloger menuliskan berita atau opini mengenai hal di atas, dengan harapan postingan yang dipublikasikan dapat menjadi viral menyusul kasus tersebut.

Manusia menyukai segala hal yang unik dan baru, maka dari itu sobat harus bisa memanfaatkan kondisi ini dengan memuat postingan berita terhangat atau terpopuler dengan keyword musiman. Hal ini juga sebagai alternatif dari kekosongan ide dalam mengisi blog nya, terkhususu lagi bagi blog sobat yang ber-niche berita.

Namun perlu diperhatikan karna pada detik itu juga bukan kita saja yang membuat berita sama. Ada ribuan bloger lain yang mungkin lebih cerdik dan pandai dalam merangkai kalimat atau lebih lihai SEO. Maka dari itu sobat perlu mencari celah dan mempelajari SEO dengan harapan postingan sobat bakal populer di mesin pencari dan diakses jutaan orang.

Kemungkinannya ada dua hal yang terjadi. Sobat memposting sesuatu yang sedang viral pada saat itu, atau postingan sobat sendiri yang bakalan jadi viral saat tersebut.

Demikianlah postingan Wak Jamal mengenai 7 Metode Mendapatkan Ide Postingan Yang Ampuh Untuk Blog, Yang telah saya susun serapi mungkin. Untuk kritik dan saran, Wak Jamal akan terus mengharapkan dari sobat.

Pesan wak. Setiap yang kita lihat, yang kita rasakan merupakan inspirasi. Maka ambil dan pelajari inspirasi tersebut supaya menjadi manfaat bagi orang banyak.
Okayy... Wak akhiri dengan salam.

Dari Wak Jamal
Untuk Para Pembaca
Salam Blogger

0 komentar