Perbedaan Mendasar HTTP Dan HTTPS Dalam Dunia Internet

Apa Perbedaan HTTP dan HTTPS – Ketika anda sedang browsing internet, pernahkah melihat nama situs yang anda kunjung diawali dengan HTTP atau HTTPS pada adress bar browser anda? dan kemudian timbul pertanyaan apa sih perbedaan keduanya?

Nah, postingan Wak Jamal berikut membahas apa saja perbedaan mendasar dari HTTP dan HTTPS dalam internet.

Pengertian HTTP dan HTTPS

Sebelum mengetahui perbedaan dua hal diatas sebaiknya ketahui lebih dulu definisi dari keduanya.
  • HTTP
HTTP merupakan singkatan dari Hypertext Transfer Protocol yang mana merupakan set jaringan lapisan aplikasi yang mencakup kinerja distribusi, kolaborasi, dan hypermedia dalam internet. Pada kinerjanya HTTP memanggil sumber saling terhubung dengan berkas web yang umumnya disebut hypertext yang dalam pengaksesannya nanti membentuk tubuh website.

Selanjutnya, fungsi dari HTTP adalah sebagai protokol yang mengatur serta menghubungkan antara client dan server web. Client merupakan user yang meminta seperti contohnya komputer anda yang sedang mengunjungi situs ini sedangkan server merupakan pihak yang memberikan informasi.
  • HTTPS
HTTPS adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure yang merupakan versi aman dari HTTP. Fungsi dan kinerja sama dengan HTTP namun dalam penghubungan data HTTPS menggunakan autentikasi terstruktur dan pembuktian yang valid. Dalam hal berikut HTTPS memiliki source code yang diamankan dengan sandi. Sejarahnya, HTTPS mulanya dikembangkan oleh perusahaan Netscape Communication Corp.

Perbedaan HTTP dan HTTPS

Ada perbedaan mendasar antara HTTP dan HTTPS, poinnya sebagai berikut:

1.    Kinerja

Perbedaan paling mencolok dari HTTP dan HTTPS terletak pada kinerjanya. Pada HTTP proses datanya tidak memberkan pengamanan dalam komunikasi server dan client. Sebaliknya HTTPS memiliki tambahan security yang mana nantinya komunikasi client dan server menjadi lebih aman.
Khusus pada website HTTPS ketika diakses, segala data akan terenskripsi. Enskripsi terletak pada Secure Socket Layer (SSL) dan Transport Layer Security (TSL). Sehingga nantinya semua akun beserta berkas akan berubah menjadi kode enskripsi yang tidak bisa dibaca manusia.

2.    Port yang digunakan

Port merupakan mekanisme yang mengizinkan sebuah komputer melakukan sesi koneksi dengan suatu jaringan. Port secara default terset untuk HTTP yaitu 80 sedangkan untuk HTTPS port yang digunakan adalah 443.

3.    Taraf keamanan

Tentunya HTTPS lebih menjamin data yang client berikan, data tersebut nantinya diolah melalui proses peng-enskripsian yang menjadi bahasa sendiri dan hanya bisa diterjemahkan oleh server.

Perhatikanlah, selama ini kita biasa melihat website besar memakai protokol HTTPS didepan domainnya. situs tersebut biasanya memiliki komponen yang menyimpan akun pengguna dengan segala data di dalamnya. Contoh jenis website yang menggunakan protokoler HTTPS adalah situs social media, berita, bank, blog besar, atau toko online.

HTTPS memiliki 3 aspek utama dalam menjamin websitenya yaitu: autentikasi pada server, kerahasiaan berkas, dan integritas data.

Sedangkan pada HTTP biasa tidak memiliki pengamanan yang berarti, sehingga bisa diretas meskipun demikian dalam penggunaanya website HTTP lebih ringan diakses dan tidak memiliki komponen yang ribet.

4.    Kebutuhan akan SSL

SSL atau secure socket layer adalah teknologi pengamanan yang mengadakan enskripsi pada data yang ditransmisi antara server dan client. SSL hanya dibutuhkan website HTTPS sebagai syarat wajibnya. SSL bisa didapat dengan membeli sertifikat SSL pada penyedia SSL (yang biasanya disediakan juga oleh situs penyedia hosting), SSL dapat dibeli sesuai kebutuhan.

5.    Biasa digunakan pada

Berdasarkan observasi saya situs populer biasanya menggunakan protokoler HTTPS. seperti dijelaskan sebelumnya hal tersebut diupayakan demi keamanan server dan penggunanya. Contoh website yang menggunakan HTTPS adalah Google, jadi ketika kita menulis google.com pada adress bar browser, otomatis nantinya di adress bar akan berubah atau teralihkan menjadi https://www.google.com dan umumnya disamping adress bar tersebut terdapat tulisan aman berwarna hijau.

Sedangkan untuk protokoler default HTTP, biasa dipakai oleh situs-situs biasa seperti blog personal yang tidak memiliki data yang begitu penting atau akun pengguna. Penggunaan HTTP biasa mengutamakan kecepatan akses situs dan desain simple. Karena tujuannya hanya memberi informasi secara personal, tidak lebih.

Jadi pilih yang mana nantinya?

Anda bisa memilih, Jika anda ingin membangun web komersial alangkah baiknya memasang HTTPS pada website anda. Malah menjadi wajib jika ingin membangun toko online, karena nantinya ada pengguna terdaftar tentu kenyamanan dalam hal keamanan privasi diutamakan. Serta menghindari peretasan dan pencurian data pengguna/pelanggan.

Namun jika anda hanya ingin membuat blog biasa yang bersifat personal seputar informasi,  ilmu pengetahuan, opini, coretan, atau hal-hal lainnya, anda bisa memilih hanya menggunakan protokol default HTTP kalau ada budget juga bisa custom HTTPS dengan membeli sertifikat SSL. Blog personal lebih bersifat opsional anda bisa memilih antara HTTP dan HTTPS.

Rekomendasi dari Wak Jamal

Walaupun bersifat opsional, saya lebih mendorong penambahan protokol HTTPS pada website bahkan blog personal sekalipun. Karena dalam kurun terakhir ini, situs HTTPS lebih memiliki nilai plus di mata google. Google mengutamakan website yang bersertifikat karena lebih kredibel dan terpercaya. Terlebih sekarang ada algoritma paling terbaru yang dirilis google yakni Google Fred.

Tentu saja hal tersebut sangat berdampak pada website, terlebih nantinya situs atau blog anda dibangun untuk menjuarai pencarian karena sisi positif penggunaan HTTPS adalah supaya situs atau blog menjadi lebih SEO.

Beruntunglah bagi anda yang ngeblog menggunakan platform Blogger seperti saya ini, anda bisa custom HTTPS secara gratis bagi Blogger tanpa membeli SSL. Yang mana SSL tersebut disediakan secara terbuka oleh google bagi para Blogger.

Demikian postingan Wak Jamal mengenai perbedaan HTTP dan HTTPS dalam dunia internet kali ini. Adapun dalam hal selanjutnya dapat memberi manfaat bagi para pembaca blog ini.
Salam WJ

0 komentar