Inilah Tips Penting Sebelum Membeli Smartphone Xiaomi Yang Wajib Anda Tahu

Tips Penting Membeli Smartphone Xiaomi

Tips Penting Sebelum Membeli Smartphone Xiaomi – Xiaomi merupakan vendor Smartphone yang saat ini sedang populer di masyarakat. Hal ini dikarnakan kualitas produknya yang mumpuni dan banyaknya varian atau sub tipe yang ada, seperti Xiaomi Redmi Series, Xiaomi Mi Mix Series dan yang lainnya.

Nyatanya Xiaomi merupakan produk Smartphone paling laku di Indonesia untuk saat ini, dengan penjualan 5 juta lebih. Padahal iklan Smartphone Xiaomi jarang kita ketemui baik di televisi atau media lainnya.

Masyarakat Indonesia mengenal Xiaomi ini dikarnakan produk Smartphone Xiaomi rata-rata memiliki spesifikasi tinggi yang ajaibnya dipatok dengan harga sangat murah, jika dibanding dengan Smartphone lain yang memiliki spesifikasi serupa. Pantaslah jika gelar ‘perusak harga’ disematkan pada vendor Smartphone dari Tiongkok ini.
Baiklah sobat, langsung saja ke intinya. Inilah tips penting sebelum membeli Smartphone Xiaomi yang wajib diketahui.

1.    Lihat spesifikasi dan harga Smartphone Xiaomi yang ingin dibeli

spesifikasi dan harga Smartphone Xiaomi
Cek keseluruhan smartphone

Ada baiknya jika ingin membeli suatu barang terlebih dahulu mengetahui detail barang yang ingin dibeli, begitupun Smartphone. Karna setiap Smartphone memiliki spesifikasi berbeda dengan harga berbeda pula.

Terkhusus untuk Smartphone Xiaomi, Xiaomi memiliki banyak sekali seri yang membuat orang awam bingung dan sekilas terlihat sama misalnya seperti Xiaomi Redmi 5 yang memiliki 3 sub seri yakni Redmi 5A , Redmi 5S dan redmi 5+. Nah jalan terbijak untuk memecah persoalan ini yakni dengan mengecek spesifikasi di internet.

Sekedar rekomendasi dari Wak Jamal, jika sobat adalah seorang sosialita atau seniman foto sebaiknya memilih Smartphone Xiaomi dengan kamera beresolusi tinggi seperti Xiaomi Redmi Pro atau Xiaomi Mi 5S Plus.

Jika sobat adalah seorang gamer atau ingin membeli smartpone untuk main banyak game, sobat bisa memilih Smartphone Xiaomi yang memiliki layar besar dan proccessor ampuh seperti Snapdragon. Sobat bisa memilih smartphone Xiaomi Redmi Note 5 Pro atau yang rilis terbaru ini Xiaomi Black Shark.

Atau jika sobat maunya Smartphone simple, tentunya lebih baik memilih Smartphone Xiaomi yang spesifikasinya lebih general, saran Wak Jamal sobat bisa memilih Smartphone  yang memiliki RAM minimal 2 GB, seperti Xiaomi Redmi 4.

Untuk harga, Smartphone  Xiaomi rata-rata memiliki harga murah, namun dalam beberapa series mempunyai harga yang lumayan tinggi. Seperti Smartphone umumnya yang memiliki tingkatan: low-end, medium, dan high-end.

2.    Periksa legalitas dan keaslian sebelum serah terima dengan penjual

keaslian smartphone xiaomi
Hati-hati produk xiaomi palsu

Telah menjadi fenomena umum jika terdapatnya produk palsu atau ilegal dalam suatu pasar. Termasuk pula Smartphone Xiaomi. Berdasasarkan survey terdapat 2% dari keseluruhan produk Smartphone Xiaomi yang beredar di masyarakat adalah produk ilegal, palsu atau setengah jadi.

Ada distributor yang meraup keuntungan dengan memasukkan adware (semacam program iklan) dalam sistem Smartphone yang mereka jual. Atau dalam kasus lain produk replika yang mencantumkan merk Xiaomi namun sistem ROM didalamnya berbeda. Apalagi kita tahu Xiaomi berasal dari tiongkok yang mana memang rawan pemalsuan.

Berbagai permasalahan akan timbul jika produk Xiaomi yang kita beli ternyata palsu/duplikat, seperti:
-    Sistem ponsel yang sering error
-    Kinerja ponsel yang lamban atau lemot
-    Tidak bisa membuka aplikasi tertentu
-    Banyak iklan dan rentan virus
-    Baterai Smartphone  yang boros daya dan cepat panas

Maka dari itu, untuk mendapatkan produks Smartphone  Xiaomi resmi, sobat bisa membeli di distributor penjual yang kredibel. Bisa juga langsung membeli di store resmi milik Xiaomi yaitu Mi Store. Satu lagi, sobat juga wajib memeriksa apakah ada garansi yang tertera pada produk Smartphone  yang akan sobat beli.

Smartphone  Xiaomi juga bisa dibeli di online shop dengan syarat tetap memperhatikan seller yang terpercaya, khusus toko online cek terlebih dulu reputasi seller. Sobat bisa mengetahui reputasi seller dari ulasan dan rating yang diberikan oleh para pembeli yang terdahulu.

Untuk keseluruhan produk Xiaomi, sobat harus memastikan ada logo TAM pada kotak bungkus Smartphone  Xiaomi tersebut.

3.    Ketahui detail Smartphone Xiaomi yang akan dibeli


Seperti disebukan pada poin di atas, Smartphone Xiaomi memiliki banyak tipe, dan dalam satu tipe tersebut memiliki cabang lagi.

Seperti contoh Xiaomi Redmi 5 memiliki perbedaan tipis dengan Xiaomi Redmi 5 Plus. Perbedaan ini terletak pada kapasitas ram dan memori internal.

Tentunya sobat tak ingin salah beli dikarnakan produk yang mirip. Maka dari sobat perlu paham detail lanjut Smartphone dengan membandingkan spesifikasi. Sobat bisa melihat detail perbedaan dari kedua Smartphone dengan menonton review di Youtube. Saya juga sering menonton ulasan suatu produk di Youtube.

Dari segi ROM Xiaomi mengadopsi Rom operasi Android yang mereka modifikasi menjadi MIUI yang berikut menjadi ciri khas Smartphone  Xiaomi.

Namun, ROM inilah yang paling senstif dari Smartphone  Xiaomi, perbedaan rom yang banyak ditemui di pasaran adalah salah satu kendala. Banyak produk Xiaomi yang didistribusi melalui black market sehingga sampai di Indonesia. Dan ketika tiba kepada seller, produk smartphone diset dan disuntikkan ROM berbeda.

Maka kadang ada produk Xiaomi dengan tampilan aneh, seperti tampilan muka menu bahasa Indonesia namun ketika klik dalamnya bahasa China. Tentunya ini sangat membahayakan, karna produk Xiaomi tersebut duplikat dan illegal. Jika ketahuan, sobat bisa berurusan dengan hukum. Jadi sekali lagi, telitilah sebelum membeli.

Perlu diingat lagi, Xiaomi secara resmi hanya merilis 2 ROM yakni ROM Global (bahasa utama bahasa Inggris) dan Rom China. Selain dari itu dipastikan produk sudah tidak asli dan telah dioprak-aprik.

Dan saran Wak Jamal, jika sobat ingin membeli Smartphone Xiaomi paling terbaru, sebaiknya menunggu sampai memang rilis di negara kita. Hal tersebut memperkecil resiko ilegal dengan membeli sebelum waktunya dirilis.

Ada baiknya sobat tahu dulu secara umum 10 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Smartphone Android.

4.    Cek promo dan diskon pembelian Smartphone


Vendor Xiaomi memang gila-gilaan dalam mematok harga, entah bagaimana cara mereka melakukannya. Yang pasti, manfaatnya telah dirasakan oleh pengguna Smartphone Xiaomi. Dan menariknya lagi Xiaomi terkadang memberi promo berupa diskon dalam pembelian Smartphone  tipe terbaru.

Biasanya promo ini diumumkan saat pre-register new release. Atau pra pembuka periisan Smartphone terbaru. Pembeli bisa mendatar di web resmi Xiaomi dan menunggu intruksi lebih lanjut. Bahkan terkadang ada kuis berhadiah yang ditemukan.

Sebagai pembaca situasi, sobat harus tahu betul kapan promo dan diskon keluar, sehingga dapat menghemat budget yang ada.

Biasanya beberapa vendor Smartphone rutin mengadakan promo tahunan, seperti promo akhir-awal tahun, promo lebaran dan promo lainnya. Dan pada tahun 2018 ini, Wak Jamal telah menyusun Daftar Smartphone Terbaik Di Tahun 2018.

5.    Jika sudah siap membeli Smartphone, niatkan untuk menjaga dan merawat Smartphone Xiaomi

merawat smartphone xiaomi
Smartphone harus dirawat sebagaimana smartphone

Terdengar lebay, tapi poin ini tak kalah penting dari poin lainnya. Hal ini wajib diperhatikan, jika sobat ingin memakai Smartphone  Xiaomi dalam jangka waktu lama.

Pada bagian luar Smartphone, sobat bisa memberi pelindung tambahan seperti anti gores dan casing silicon. Bisa dibeli langsung di tempat pembelian Smartphone Xiaomi.

Untuk menjaga kinerja agar tetap handal sampai nanti, sebaiknya Smartphone Xiaomi jangan dimainkan smapai drop, juga jangan main sambil charge, selain tidak baik bagi kesehatan, juga akan menguras lebih banyak energi Smartphone, berikan waktu istirahat bagi Smartphone sobat serta  hapus aplikasi tidak penting yang memakan RAM untuk meringankan beban.

Walaupun Smartphone Xiaomi dikenal awet produknya, namun akan aus jika digunakan terus menerus. Yang namanya barang yaa pasti bisa punah juga. Jadi rawatlah Smartphone Xiaomi baru sobat sebaik-baiknya.

Demikianlah postingan Wak Jamal hari ini, ada baiknya tips diatas diterapkan demi mendapatkan kepuasan saat nanti membeli Smartphone Xiaomi dimana dapat bermanfaat bagi sobat pembaca sekalian.
Salam WJ

0 komentar