5 Keuntungan Besar Menulis Blog Bule Berbahasa Inggris Yang Perlu Sobat Ketahui

Keuntungan Besar Menulis Blog Bule Berbahasa Inggris

Membuat Blog Bule Berbahasa Inggris – Era sekarang merupakan era digital, dimana hampir keseluruhan dari kita mendapatkan informasi hanya dari sebuah perangkat elektronik dan dukungan internet.

Berkaitan dengan hal ini, tentunya juga tak lepas dari perkembangan dunia informasi yang telah bersifat global, yang siapa saja dengan mudah mengakses bahkan dari dalam gua sekalipun, asalkan ada koneksi internetnya.

Seseorang bisa mendapatkan informasi mengenai hal ini itu bukan hanya bersumber dari tulisan yang bersifat lokal saja melainkan internasional. Dan tentunya kita tahu, bahasa internasional yang dipakai adalah bahasa Inggris. Begitu halnya dengan blog, banyak kita temui blog yang menerapkan english grammar dalam penyusunannya yang dalam istilah umum orang Indonesia yaitu blog bule.

Pembuatan blog berbahasa Inggris atau blog bule ini bertujuan supaya blog tersebut dapat dibaca dan dipahami orang seluruh dunia. Hal demikian karna jangkauan linguistik blognya lebih luas. Dan asal sobat tahu, bukan hanya orang luar negeri saja yang membuat blog bule ini, melainkan ada juga blogger Indonesia yang aktif membuat dan menyusun blog bule berbahasa inggris ini.
Lalu, apa keuntungan dari membuat blog bule tersebut?

Oke Sob, Wak Jamal akan bahas satu-satu mengenai hal ini. Keuntungan besar menulis blog bule adalah sebagai berikut:

1.    Melatih kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki


Melatih kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki
"Do you blog english??"

Dengan menulis tulisan berbahasa inggris tentunya membuat kita menjadi terasah ilmu ke-Inggris-nya, baik dari segi grammar maupun segi gaya bahasa. Ketika membuat tulisan berbahasa Inggris, selain menambah wawasan juga menjadi proses belajar yang efektif dalam pendalaman bahasa Inggris. Karna disini, di dalam penyusunan blog bule, kita selalu praktik secara real-time.

Perlu sobat ketahui blog bule di Indonesia jumlahnya masih minim. Hal ini disebabkan kebanyakan blogger yang belum sadar betapa perlunya belajar bahasa Inggris, salah satunya bisa dengan membuat blog yang bersifat internasional. Orang yang paling pakar dalam berbahasa Inggris-pun akan mengakui kalau dia masih suka berlatih menulis dalam bahasa Inggris. Apalagi kita seharusnya yaaa.

Sebelum membuat blog bule, tanamkan dulu minat sobat terhadap bahasa Inggris, lalu kemudian konsisten berlatih step-by-step sampai bisa membuat satu artikel full english.

Singkatnya, blog bule dapat memberi banyak keuntungan, seperti pribahasa “mengayuh perahu, dua pulau terlampaui”. Membuat berbahasa Inggris sekalian belajar bahasa Inggris-nya juga.

Jujur, saya agak sedikit tahu bahasa inggris karna menulis artikel di blog bule dan juga terkadang nonton film barat tanpa subtitle.

2.    Memperluas cakupan blog agar bisa menjaring lebih banyak visitor


Memperluas cakupan blog agar bisa menjaring lebih banyak visitor

Setelah paham globalisasi timbul belakangan ini, jumlah website semakin meningkat yang mana hal ini merupakan bentuk kebebasan informasi. Blog bule ini pun memiliki cakupan yang begitu luas.

Blog bule telah memberi saya pengalaman menyenangkan. Bayangkan saja tulisan yang anda ketik dibaca oleh orang luar sana yang jaraknya tak bisa diukur dengan meteran melainkan dihitung pakai satelit. Apalagi jika postingan tersebut ditanggapi dengan komentar, waah bahagia sekali rasanya. Minimal komentar Inggris yang grammarnya acak acak yang saya paham bahwa biasanya komentar jenis ini berasal dari orang India. wkwkwk,,,.

Walaupun blog bule yang saya gelut masih minim pageview, paling tidak deretan negara maju (Amerika, Inggris, Jerman, dsb) pernah masuk dalam statistik. Hehehee..

Pepatah mengatakan, keliling dunia dengan membaca buku saja. sekarang juga berlaku untuk internet blogging. bayangkan, sinyal web ini dapat menempuh jarak ribuan mil diatas samudera. Hmmm, Lebih tepatnya di kedalaman laut sihh, dengan kabel super optik di dasar yang konon hampir menyamai kecepatan cahaya.

3.    Menambah wawasan mengenai blog dan seo


Menambah wawasan mengenai blog dan seo

Pada poin paling atas dikatakan blog bule dapat menambah kemampuan bahasa Inggris. Nah, bukan cuma itu sob, blog bule juga menambah wawasan ilmu ngeblog sobat. Wah, dapat double keuntungan nih.

Dengan menekuni blog bule kita sekalian bisa mempelajari SEO baik onpage atau offpage. Blog bule pun demikian, bahkan ke-SEO-annya tingkat lebih susah ketimbang blog berbahasa Indonesia biasa. Hal ini dikarnakan persaingan SEO yang sudah masuk taraf internasional, yang masuk page one itu pasti lah para blogger yang ilmu seo udah expert.

Yaa walaupun demikian, tidaklah mengecilkan semangat kita (orang Indonesia) menekuni blog bule. Asal punya konten bagus, rapi dan rajin  dioptimasi yaaa saya jamin deh blog anda masuk jejeran page one mesin pencari.

Untuk kegiatan ngeblog para pakar biasanya mengadakan riset terlebih dahulu untuk menentukan kata kunci yang akan disebar dalam postingan. Nah blog bule juga gitu, kita harus menentukan keyword utama postingan, entah itu short tail atau long tail. Pengalaman Wak Jamal dalam riset keyword, bahkan lebih mudah riset dalam bahasa Inggris ketimbang Indonesia, yaa ini tentu karna bahasa Inggris mempunyai banyak ragam dan padanan keyword yang mau dipilih.

Selain itu volume pencariannya juga banyak. Bahkan dalam padanan long tail keyword sekalipun, misalnya “how to make wireless electric lamp without cabel”, volume pencariannya saja lumayan daripada dalam bahasa Indonesia-nya “bagaimana membuat lampu nirkabel” yang volumenya nol alias hampir tidak ada.

Untuk tetap menjaga kepadatan postingan ini, kelanjutan cara riset keyword blog bule akan saya posting di lain waktu.

4.    Blog bule memiliki penghasilan yang lebih besar jika benar ditekuni


Blog bule memiliki penghasilan yang lebih besar

Blog bule atau blog berbahasa inggris memiliki peluang keuntungan finansial yang besar dari pengiklan di blog sobat. Hal ini dikarnakan blog bule memiliki nilai klik iklan yang besar, kecenderungan blog bule yang kurang diminati di Indonesia (karna faktor kurang paham bahasa inggris) malah dilirik luar negeri yang merupakan negara-negara besar dan kaya. Hal ini sangat jelas dikarnakan pendapat orang luar lebih besar dan segi nilai mata uang juga.

Tentunya membangun blog bule tidak mudah. Blog bule lebih membutuhkan keahlian dan kemampuan ekstra. Bagaimana tidak, sobat harus paham berbahasa Inggris dulu dan bisa menentukan topik yang tepat disukai atau yang lagi trending di dunia. Namun dengan catatan semuanya harus logis dan unik mengingat warga bule mayoriti pola pikirnya maju dan modern.

Sobat juga harus menargetkan secara spesifik niche blog bule yang akan dibuat. Hal ini dikarnakan persaingan keyword yang super sengit. Sehingga sobat menjadi terasah untuk membangun blog bule. Tapi hal ini akan terbayar jika blog bule sobat sudah terkenal pundi-pundi uang yang didapatpun siap-siap di tampung.

Oh iya, menurut Wak, mungkin poin ini merupakan bagian paling disukai blogger, karna menyangkut uang. Hehe...

5.    Menjalin pergaulan yang lebih luas serta memperbanyak teman baru


Menjalin pergaulan yang lebih luas

Inilah bonusnya dari membuat dan menekuni blog bule, selain mendapatkan ilmu blog kancah dunia dan tentunya mengisi saldo, sobat juga bisa bertatap komputer dengan orang di luar sana. Dengan blog kita yang menarget negara luar pastilah orang luar lebih sering menjumpai blog kita.

Blog bule yang kita miliki juga menghubungkan kita dan orang lain yang bidangnya sama dengan kita. Misal, jika anda seorang programer yang mempunyai blog bule, anda akan mendapat pembelajaran berharga dari orang luar tentang hal programer.

Kita jadi banyak kenalan baik dunia nyata dan maya. Selanjutnya menjadi teman, guru atau rekan bisnis barangkali.

Perlu diketahui orang bule umumnya sangat antusias, mereka senang berdiskusi untuk satu topik. Pengalaman, dalam suatu postingan di blog bule saya, saya pernah bercakap dengan seorang komentator, sangat asik dan sungguh menarik yang dibahas. Sampai-sampai komentar postingan tersebut mencapai lima puluhan (kalau ga salah), padahal postingan saya itu isinya cuma komentar kami berdua yang saling reply, hahaa.

Sedikit alkisah sebagai penyemangat. Wak Jamal punya kenalan cewek cantik asal Rusia. Berawal saling blog walking berlanjut di Facebook. Dari main balas-balasan komen blog akhirnya jadi akrab lewat chat personal di FB. Siapa coba lelaki yang gak mau dapat kawan cewek, cantik, bule pula. Haahaa...

Benar loh mereka (cewek bule) memang pada ramah dan luas wawasannya, diajak diskusi apa aja nyambung aja gitu, enak banget deh pokoknya. Coba aja sobat tes sendiri, hehee.

Setidaknya dengan membuat blog bule kita dapat memberi manfaat bagi orang. Mereka  para pengunjung akan merasa terbantu dengan blog anda dan imbalannya mereka meninggalkan jejak berupa komentar membangun atau setidaknya ucapan “thank you for this”.


Demikian postingan dan sedkit pengalaman Wak Jamal mengenai Keuntungan Besar Membuat Blog Bule, intinya blog bule tidak ada bedanya dengan blog biasa, cuma bahasa yang dipakai adalah bahasa Inggris dan target blog khusus negara luar. Yang pasti poin keuntungan diatas dapat tercapai jika ditekuni sungguh-sungguh. Dan kemudian skill ngeblog sobat pun akan bertambah.

Okay sob. Thank you for read, and keep blogging...
Wak Jamal.

0 komentar