10 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Smartphone Android Baru

10 Hal Yang Diperhatikan Sebelum Membeli Smartphone Android Baru

Tips Panduan Membeli Smartphone Android Baru – Berkembangnya teknologi digital telah  mempengaruhi gaya hidup manusia. Hal ini juga sebanding dengan meningkatnya minat beli masyarakat terhadap smartphone, khususnya smartphone android. Berdasarkan data survei dunia, masyarakat Indonesia telah membeli 14,8 juta smartphone semenjak tahun 2013. Luar biasa bukan sob?

Maka dari kita perlu mengetahui apa saja hal yang harus diperhatikan sebelum  membeli smartphone baru. Kita harus bisa memilah dan memilih smartphone yang bagus dan berkualitas agar kita selalu mendapatkan kualitas prima dari barang (smartphone) yang akan dibeli nantinya. Untuk sobat yang ingin membeli smartphone android baru, alangkah baiknya mengetahui apa saja yang harus diperhatikan sebelum menjatuhkan pilihannya. Dan berikut Wak Jamal akan menjabarkan 10 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Smartphone Android Baru.

1.    CPU atau Processor


CPU Smartphone
CPU atau Processor

Hal yang paling utama dalam sebuah smartphone android adalah CPU (central processing unit). CPU juga merupakan otak dari sebuah gadget smartphone, CPU terdiri dari system on chip yang merupakan pusat komando, penghubung dan pendistribusian dalam sebuah perangkat telepon. Maka tak heran jika sebuah smartphone terkadang dipilah bedasarkan spesifikasi CPU nya.

Adapun sobat dapat mengetahui jenis CPU dari dashboard pengaturan android sobat atau mengeceknya di internet. Berikut tips memilih CPU android:
  • Pilihlah brand processor yang sudah terkenal akan kualitasnya. Sobat bisa memilih Qualcomm Snapdragon, Intel, Nvidia atau processor lokal seperti MTK Mediatek.
  • Pilihlah chipset dari seri terbaru. Biasanya suatu produsen CPU selalu kreatif memperbarui versi produknya yang tentunya dengan kualtas yang semakin meningkat pula. Setiap brand memiliki kelas yang disesuaikan dengan tingkat quality, seperti contoh CPU Snapdragon yang mempunyai bermacam seri. Qualcomm 400 untuk kelas bawah sampai Qualcomm Snapdragon 800 untuk kelas kakap (flashgrip). Sesuaikan dengan budget di kantong ya sob.
  • Cari CPU dengan kinerja chipset (clockspeed) minimal 1 GHz. Lebih besar nilainya lebih baik juga kinerjanya.
  • Pilihlah CPU atau processor dengan inti core minimal 2 core mengingat smartphone sekarang paling standar memiliki chip processor dual-core. Sedangkan sobat yang ingin mendapatkan kinerja yang lebih mantap, bisa memilih inti chip dengan 4 core (quadcore), 8 core (octacore) atau 10 core (decacore).
  • Pilihlah model chipset cpu yang canggih dan modern, seperti Cortex A53, Cortex A57 dan lain-lain.

2.    RAM (Random Access Memory)


RAM merupakan memori penunjang atau penggerak yang melangsungkan kinerja berbagai aplikasi dalam sebuah smartphone, khususnya android. Contohnya ketika sobat menjalankan satu aplikasi dan membuka aplikasi lain berbarengan, nah disinilah peran RAM. Ketika sobat smartphone mengalami lag, maka kemungkinan memori RAM didalamnya kecil dan tidak mampu lagi berbuat lebih. Maka dari itu sobat perlu memilih RAM yang kriteria diantaranya:
  • Pilih RAM smartphone minimal berkapasitas 1.5GB. RAM 1.5GB merupakan RAM standar smartphone sekarang, namun ada juga 750 MB, 2GB, 3GB, 6GB dan seterusnya. Yang pasti semakin besar kapasitasnya semakin bagus dan tentu lanjay (lancar jaya).
  • Pilih RAM dengan model terbaru seperti contoh LPPDR4.
  • Pilihlah RAM yang memiliki frequensi tinggi (megahertz). Sobat bisa melihat spesifikasi RAM yang sesuai di internet, majalah smartphone atau di katalog produk smartphone.

3.    Layar Smartphone


Layar Smartphone
Ilustrasi Layar Smartphone

Layar sangat penting dalam menampilkan output data dan grafis smartphone. Kebanyakan pemakai smartphone beranggapan semakin besar ukuran layar maka semakin baguslah sebuah smartphone. Ini merupakan anggapan keliru, belum tentu karna suatu layar bukan cuma tergantung dari ukuran layar tapi juga dari jenis layar, resolusi, ketajaman dan kerapatan pixel. Alangkah baiknya sobat lebih mengetahui perihal layar smartphone.
  • Pilihlah layar yang memiliki ukuan pixel yang tinggi. Hal ini menyangkut kualitas ketajaman warna dan gambar yang akan ditampilkan.
  • Pilih teknologi layar yang bagus seperti TFT, IPS display, atau yang terbaru Super Amoled yang tingkat warna baik dan nyata.
  • Pilih resolusi layar. Resolusi layar juga memiliki andil dalam menampilkan gambar yang baik. Resolusi layar yang baik adalah 2K dan 4K. Dan biasanya 4K terdapat pada smartphone android high-end.
  • Jangan lupa memperhatikan pelindung layar. hal ini tak bisa dilewatkan juga menyangkut proteksi merupakan perawatan smartphone sehingga menghindari tergoresnya layar smartphone. Saat ini, pelindung layar (anti gores)  terdapat di semua jenis smartphone dengan tipe anti gores bawaan, Gorilla Glass, Dragontail dan lainnya.

4.    GPU (Graphic Processor Unit)



GPU berfungsi sebagai unit pemroses tampilan, seperti CPU yang merupakan otak kinerja smartphone, maka GPU merupakan unit sensor di bagian grafisnya. GPU berjalan ketika dimulainya aktiftas media gadget seperti membuka file foto, video, game dan sebagainya.

Ketika kita main game berukuran besar di smartphone, pernahkah sobat mengalami lag atau terdapatnya error tampilan?. Nah kemungkinan handphone sobat memiliki spesifikisi GPU yang rendah. Sebaiknya sobat juga memperhatikan GPU smartphone ketika membeli smartphone baru.
  • Seperti halnya CPU, pilihlah GPU yang telah terkenal kualitasnya seperti Mali komponen Mediatek, Andreno besutan Snapdragon, Nvidia, atau PowerVR.
  • Terdapat berbagai seri dari satu tipe GPU seperti contoh Mali T-720, PowerVR G6430, Andren 540 dan lain-lain. Sobat bisa memilih sesuai kebutuhan dari segi keunggulan grafisnya.
  • Sama seperti CPU, pilihlah GPU dengan clockspeed tinggi minimal 500 GHz (standar smartphone sekarang). 

5.    ROM (Read Only Memory)


ROM (Read Only Memory)
ROM (Read Only Memory)

Setiap smartphone pasti mempunyai memori internal untuk mencakup aplikasi bawaan pabrik dan media lainnya. Memori internal ini juga disebut sebagai ROM. ROM juga dibutuhkan sebagai kelangsungan penyimpanan yang bersifat permanen dan tidak bisa dimodifikasi secara konvensional, seperti contoh untuk aplikasi pabrik yang tidak bisa dihapus dan dimodifikasi kecuali dengan metode root.

ROM juga merupakan penyimpanan dengan kapasitas tetap yang memiliki alternatif kartu memori. Adapun sobat juga melihat detail ROM di pengaturan smartphone, berikut tips memilih ROM android.
  • Pilihlah smartphone dengan kapasitas penyimpanan internal paling tidak diatas 4 GB. Semakin besar kapasitas memori internal semakin tenang kita menyimpan file yang banyak.
  • Perlu memastikan adanya slot memori tambahan atau pendukung, untuk menambah kapasitas penyimpanan default. Dan mengetahui maksimal kapasitas yang bisa ditampung dan diproses oleh smartphone.
  • Memberi ruang memori agar tidak penuh sehingga tidak mempengaruhi kinerja smartphone.
  • Mencadangkan seluruh file penting ke perangkat atau memori lain. Supaya menghindari kehilangan data ketika terjadinya error dan yang lainnya.

6.    OS (Operation System)


Android OS
Maskot Android

OS atau sistem operasi merupakan jiwa dari sebuah smartphone, sistem operasi adalah jaringan lunak yang berfungsi mengatur, mengakomodir dan menentukan komando yang tersusun dari sistem komputasi terbatas. Khusus bagi smartphone android memiliki sistem operasi android dengan versi termutakhirkan. Dari OS android pertama yang palin jadul yakni Alpha,Beta, Cupcake sampai versi terbarunya Nougat.

Android selalu berinovasi dalam penambahan fitur, maksimalisasi fungsi, dan efisiensi penggunaan. Sehingga setiap kali perilisannya akan selalu dinantikan vendor smartphone android dan tentunya juga pemakai (user).
Tips memilih OS android dengan baik yaitu:
  • Pilihlah smartphone yang memiliki OS versi terbaru. Sebab, versi terbaru dari sistem operasi tersebut pastinya telah mengalami kemajuan dari segala aspek smartphone. Untuk OS android sobat bisa memilih OS Marsmelow dan Nougat.
  • Selain versi OS, yang sangat sangat perlu diperhatikan adalah vendor smartphone. OS android bersifat opensource (terbuka), sehingga semua vendor baik yang terkenal maupun tidak, bisa mengadaptasinya bahkan versi terbaru sekalipun. Jadi sobat perlu memperhatkan brand smartphone sehingga tidak kecewa dengan smartphone yang jelek walaupun OS nya bagus.

7.    Baterai


Baterai Smartphone
Baterai Smartphone Yang Dicas

Semua perangkat elektronik memerlukan daya listrik dalam pengoperasiannya. Pada smartphone, dapur pacu tenaga android adalah baterai. Biasanya saat membeli smartphone baru, baterai sudah terdapat di dalam handphone dan telah disediakan dari pabrik. Pengguna gadget harus bisa memilih tipe baterai yang dapat memaksimalkan kinerja android. Berikut tips pemilihan baterai yakni:
  • Pilihlah baterai dengan kapasitas besar minimal 2500 MAh. Kapasitas tersebut merupakan standar smartphone saat ini. Namun, bagi sobat yang hobi bermain game atau mengolah data sangat disarankan memilih tingkat kapasitas baterai yang lebih besar baik itu 3000 MAh atau lebih.
  • Pilih baterai dengan bahan Lipo sehingga tidak mudah panas dan kembung. Sehingga baterai smartphone sobat memiliki umur panjang dan tentunya awet.
  • Baterai smartphone terbagi menjadi dua jenis berdasarkan sifatnya yaitu baterai pasang (removeable) dan baterai tanam (non removeable). Sobat bisa memilih sesuai minat dan kebutuhan.
  • Pilih baterai dengan tingkat efektifitas daya mumpuni, sehingga sobat mendapatkan smartphone android yang hemat daya baterai dan cepat pengisiannya (charge).

8.    Jaringan Koneksi


Network Connection
Koneksi Dengan Sentuhan Jari

Jaringan nirkabel sangatlah dibutuhkan mengingat zaman milenia yang tak lepas dengan komunikas dan informasi jarak jauh. Dalam hal ini jaringan ini juga mendukung koneksi internet yang dalam perkembangannya selalu maju dan cepat.

Teknologi jaringan yang sedang populer saat ini adalah 4G LTE. Dan isunya segera hadir teknologi nirkabel yang baru yakni 5G. Maka dari itu sobat wajib mengetahui apa saja hal-hal yang menyangkut jaringan koneksi smartphone.
  • Pilih smartphone yang didukung jaringan minimal 3G/HSPDA. Jaringan 3G/HSPDA ini termasuk jaringan yang lumayan kecepatan unduh datanya begitupun pengunggahan (upload).
  • Alangkah baiknya memeriksa kesesuaian spesifikasi jaringan pada pengaturan smartphone. Terkhusus untuk smartphone 4G, bagusnya sobat mengetes jaringan 4G nya dengan membeli paket internet 4G.

9.    Kamera


Kamera Smartphone
Kamera Smartphone Yang Bagus

Di zaman milenia ini terdapat banyak popularitas teknologi dan gaya hidup, salah satunya kegiatan swafoto (selfie). Sehingga untuk mewujudkan kepuasan pengguna smartphone, berbagai vendor smartphone menambahkan fitur kamera yang canggih dan ber-resolusi tinggi.

Kamera sangat dibutuhkan dalam mengabdikan gambar bagus dan momen penting. Terlebih bagi sobat yang doyan selfie, spesifikasi kamera suatu smartphone merupakan hal yang sangat utama bukan? Berikut tips memilih smartphone berdasarkan kamera.
  • Pilihlah smartphone dengan sensor kamera yang baik.
  • Perhatikan juga fitur aperature smartphone demi terciptanya pencahayaan kamera mumpuni.
  • Pilihlah resolusi kamera yang tinggi, semakin besar resolusi suatu kamera semakin bagus hasil jepretannya. Semakin besar megapixel maka kualitas foto semakin bagus dan tidak pecah ketika diperbesar.

10.    Desain Smartphone


Smartphone Design
Desain Smartphone Yang Elegan

Desain smartphone tak kalah pentingnya dengan komponen lain. Bagaimana tidak? Seseorang bisa menerawang bahwa itu smartphone bagus atau bukan dari desain bodi-nya. Maka dari itu sangat diperhatikan bagaimana bentuk, ukuran dan model desain dari sebuah smartphone yang sobat pilih.
  • Pilih smartphone dengan desain sesuai selera dan minat sobat. Terlebih sekarang banyak pilihan warna dan model casingnya. Wak Jamal pribadi lebih menyukai smartphone sharp edge model (kotak sempurna) dengan warna gold karna menurut wak kesannya elegan dan cool. Sobat juga bisa memilih warna sesuai kesukaan.
  • Periksa kelengkapan port yang dibutuhkan seperti port charger, earphone, memori eksternal, port SIM card dan lain-lain.
  • Periksa kesesuaian label dan keresmian smartphone pada kotak kemasan dan smartphone itu sendiri. Sobat juga mengecek nomor IMEI, tanggal pembuatan produk dan negara produsen-nya.
  • Pilih smartphone dengan material casing (bezel) yang awet agar kondisi smartphone tetap terjaga dari goresan dan kerusakan lain. Sebaiknya hindari pemilihan smartphone dengan material full-plastic.

Demikian 10 Hal Yang Diperhatikan Sebelum Membeli Smartphone Android Baru yang Wak Jamal tulis. Sebagai konsumen digital kita perlu memahami hal penting dalam pemilihan smartphone. Diatas telah Wak Jamal terangkan setiap poin-poinnya. Selanjutnya tinggal sobat yang berhak memilah dan memilih sesuai minat dan budget sobat. :D

Sekian wak tutup postingan ini dengan salam:

Dari Wak Jamal
Untuk Para Pembaca
Salam Digital  ;)

0 komentar